Langsung ke konten utama

SKU Penegak Laksana Point 1



A) Dapat menjelaskan makna Rukun Iman dan Rukun Islam di muka pasukan Penggalang atau Satuan Penegak.

Rukun Iman :

1. Iman kepada Allah.

Kita mengetahui bahwa manusia bukanlah yang menciptakan dirinya sendiri, karena sebelumnya ia tidak ada. Sesuatu yang tidak ada tidak bisa mengadakan sesuatu. Manusia tidak pula diciptakan oleh ibunya dan tidak pula oleh bapaknya serta tidak pula muncul secara tiba-tiba. Dan sesuatu yang terwujud sudah pasti ada yang mewujudkannya. Dari sini kita mengetahui keberadaan Allah Subhanahu waTa’ala Pencipta kita dan Pencipta alam semesta.

2. Iman kepada malaikat Allah

Beriman kepada malaikat maksudnya kita mengimani segala penjelasan Allah dan Rasul-Nya tentang malaikat. Malaikat adalah makhluk Allah yang berada di alam ghaib yang senantiasa beribadah kepada Allah. Mereka tidak memiliki sedikitpun sifat-sifat ketuhanan dan tidak berhak disembah. Allah menciptakan mereka dari cahaya dan mengaruniakan kepada mereka sikap selalu tunduk kepada perintah-Nya sertadiberikan kesanggupan untuk menjalankan perintah-Nya.

3. Iman kepada kitab-kitab Allah  

Kita juga wajib beriman bahwa Allah Subhaanahu wa Ta'aala telah menurunkan kitab-kitab dan telah memberikan kepada beberapa rasul suhuf (lembaran-lembaran berisi wahyu).

4. Iman kepada rasul-rasul Allah

Rasul adalah orang yang mendapat wahyu dengan membawa syari’at yang baru, sedangkan nabi adalah orang yang diutus dengan membawa syari’at rasul yang datang sebelumnya.

5. Iman kepada hari akhir

Beriman kepada hari akhir maksudnya adalah mengimani semua penjelasan Allah dan Rasul-Nya yang menyebutkan tentang keadaan setelah mati, seperti: Fitnah kubur, azab kubur dan nikmat kubur, Ba’ts (kebangkitan manusia), Hasyr (pengumpulan manusia), bertebarannya catatan amal, Hisab, Mizan (timbangan), Haudh (telaga),Shirat (jembatan), syafa’at, surga, neraka dan sebagainya.

6. Iman kepada qadar Allah

Maksud beriman kepada qadar adalah kita mengimani bahwa semua yang terjadi di alam semestaini yang baik maupun yang buruk adalah dengan qadha’ Allah dan qadar-Nya.Semuanya telah diketahui Allah, telah ditulis, telah dikehendaki dan diciptakan Allah.

Rukun Islam :

1. Mengucap dua kalimat syahadat

Makna syahadat Muhammad Rasulullah adalah mengetahui dan meyakini bahwa Muhammad utusan Allah kepada seluruh manusia, dia seorang hamba biasa yang tidak boleh disembah, sekaligus rasul yang tidak boleh didustakan. Akan tetapi harus ditaati dan diikuti. Siapa yang menaatinya masuk surga dan siapa yang mendurhakainya masuk neraka. Selain itu anda juga mengetahui dan meyakini bahwa sumber pengambilan syariat sama saja apakah mengenai syiar-syiar ibadah ritual yang diperintahkan Allah maupun aturan hukum dan syariat dalam segala sector maupun mengenai keputusan halal dan haram. Semua itu tidak boleh kecuali lewat utusan Allah yang bisa menyampaikan syariat-Nya. Oleh karena itu seorang muslim tidak boleh menerima satu syariat pun yang datang bukan lewat Rasul SAW.

2. Menunaikan shalat lima kali sehari

Shalat lima waktu sehari semalam yang Allah syariatkan untuk menjadi sarana interaksi antara Allah dengan seorang muslim dimana ia bermunajat dan berdoa kepada-Nya. Juga untuk menjadi sarana pencegah bagi seorang muslim dari perbuatan keji dan mungkar sehingga ia memperoleh kedamaian jiwa dan badan yang dapat membahagiakannya di dunia dan akhirat.Allah mensyariatkan dalam shalat, suci badan, pakaian, dan tempat yang digunakan untuk salat. Maka seorang muslim membersihkan diri dengan air suci dari semua barang najis seperti air kecil dan besar dalam rangka mensucikan badannya dari najis lahir dan hatinya dari najis batin. Shalat merupakan tiang agama. Ia sebagai rukun terpenting Islam setelah dua kalimat syahadat. Seorang muslim wajib memeliharanya semenjak usia baligh(dewasa) hingga mati. Ia wajib memerintahkannya kepada keluarga dan anak-anaknya semenjak usia tujuh tahun dalam rangka membiasakannya

3. Mengeluarkan zakat

Puasa pada bulan Ramadhanyaitu bulan kesembilan dari bulan hijriyah. Sifat puasa : Seorang muslim berniat puasa sebelum waktu shubuh(fajar) terang. Kemudian menahan dari makan, minum dan jima’ (mendatangi istri) hingga terbenamnya matahari kemudian berbuka. Ia kerjakan hal itu selama hari bulan Romadhon. Dengan itu ia menghendaki ridho Allah ta’ala dan beribadah kepada-Nya.

4. Berpuasa pada bulan Ramadhan

Allah telah memerintahkan setiap muslim yang memilki harta mencapai nisab untuk mengeluarkan zakat hartanya setiap tahun. Ia berikan kepada yang berhak menerima dari kalangan fakir serta selain mereka yang zakat boleh diserahkan kepada mereka sebagaimana telah diterangkan dalam Al Qur’an.Nishab emas sebanyak 20 mitsqal. Nishab perak sebanyak 200 dirham atau mata uang kertas yang senilai itu. Barang-barang dagangan dengan segala macam jika nilainya telah mencapai nishab wajib pemiliknya mengeluarkan zakatnya manakala telah berlalu setahun. Nishab biji-bijian dan buah-buahan 300 sha’. Rumah siap jual dikeluarkan zakat nilainya. Sedang rumah siap sewa saja dikeluarkan zakat upahnya. Kadar zakat pada emas, perak dan barang-barang dagangan 2,5 % setiap tahunnya. Pada biji-bijian dan buah-buahan 10 % dari yang diairi tanpa kesulitan seperti yang diairi dengan air sungai, mata air yang mengalir atau hujan. Sedang 5 % pada biji-bijian yang diairi dengan susah seperti yang diairi dengan alat penimba air.

5. Menunaikan Haji bagi mereka yang mampu

Rukun Islam kelima adalah haji ke baitullah Mekkah sekali seumur hidup. Adapun lebihnya maka merupakan sunnah. Dalam ibadah haji terdapat manfaat tak terhingga :Pertama, haji merupakan bentuk ibadah kepada Allah ta’ala dengan ruh, badan dan harta.Kedua, ketika haji kaum muslimin dari segala penjuru dapat berkumpul dan bertemu di satu tempat. Mereka mengenakan satu pakaian dan menyembah satu Robb dalam satu waktu. Tidak ada perbedaan antara pemimpin dan yang dipimpin, kaya maupun miskin, kulit putih maupun kulit hitam. Semua merupakan makhluk dan hamba Allah. Sehingga kaum muslimin dapat bertaaruf (saling kenal) dan taawun (saling tolong menolong). Mereka sama-sama mengingat pada hari Allah membangkitkan mereka semuanya dan mengumpulkan mereka dalam satu tempat untuk diadakan hisab (penghitungan amal) sehingga mereka mengadakan persiapan untuk kehidupan setelah mati dengan mengerjakan ketaatan kepada Allah ta’ala.


B)  Dapat Menjelaskan Hal-Hal Yang Membatalkan Sholat Dan Dapat Mendirikan Sholat Sunah Berjamaah

hal– hal yang membatalkan sholat :
1. Berbicara
2. Makan dan Minum Banyak Gerakan danTerus Menerus
3. Tidak Menghadap Kiblat
4. Terbuka Aurat Secara Sengaja
5. Mengalami Hadts Kecil atau Besar
6. Tersentuh Najis baik pada Badan, Pakaian atau Tempat Shala
7. Tertawa8. Murtad, Mati, Gila atau Hilang Akal
9. Berubah Niat
10. Meninggalkan Salah Satu Rukun Shalat
11. Mendahului Imam dalam Shalat Jama'ah
12. Terdapatnya Air bagi Orang yang Shalatnya dengan Tayamum
13. Mengucapkan Salam Secara Sengaja

Macam-macam Shalat sunnah :

Sholat sunnah bukan rawatib: ialah sholat sunah yang mempunyai waktu-waktu tersendiri,sebab-sebab tersendiri dan tidak ada hubungannya dengan sholat fardhu (shalat lima waktu).
A. Shalat sunah rawatibIa dibagi 2 bagian :
1. Shalat sunnah rawatib mu’akkadah, Yaitu sholat sunah yang selalu dilakukan oleh Nabi saw. Sholat ini jumlahnya ada 10 raka’at
• Dua raka’at sebelum shalat Dhuhur
• Dua raka’at setelah shalat Dhuhur
• Dua raka’at setelah shalat Maghrib
• Dua raka’at setelah shalat Isya’
• Dua raka’at sebelum shalat shubuh

2. Shalat sunah rawatib bukan mu’akkadah, Yaitu shalat sunnah yang kadang kadang ditinggalkan atau tidak dilakukan oleh Nabi saw. Shalat ini jumlahnya ada 12 raka’at,  yaitu :
• Dua raka’at sebelum sholat dzuhur
• Dua raka’at sesudah shalat dzuhur
• Empat raka’at sebelum sholat Ashar
• Dua raka’at sebelum sholat Maghrib
• Dua raka’at sebelum sholat Isya

Shalat Sunnah Bukan Rawatib terbagi atas 2 bagian :

1. Sholat sunnah bukan rawatib yang tidak dilakukan berjama’ah
• Shalat Witir (Shalat Ganjil)
• Shalat Dhuha
• Shalat Tahiyatul Masjid
• Shalat Setelah Wudhu’
• Shalat Istikharah
• Shalat tahajjud
• Shalat tasbih
• Shalat Awwabin
• Shalat hajat
• Shalat sunnah ihram
• Shalat setelah tawaf.

2. Shalat Sunah bukan Rawatib Yang Dilakukan Secara Berjama’ah
• Sholat Tarawih
• Sholat Hari Raya (Iedul Fitri & Iedul Adha)
• Sholat Gerhana
• Shalat Istisqa’ (Minta Hujan).

C) Dapat menjelaskan hal-hal yang membatalkan puasa serta dapat melakukan salah satu puasa sunah :

Hal– hal yang membatalkan puasa :
a) Makan atau minum
b) Berhubungan seksual atau melakukan hal - hal yang berhubungan dengan nafsu seksual
c) Berbohong. Baik itu berbohong tentang Allah dan atau Rasulullah SAW maupun berbohong tentang segala hal
d) Mencelupkan seluruh kepala ke dalam air dengan sengaja
e) Dengan sengaja menghirup asap, baik itu asap rokok maupun asap yang lainnya
f) Tidak mandi besar setelah berhubungan seksual hingga fajar atau tetap dalam keadaan junub hingga fajar
g) Melakukan onani / masturbasi pada waktu wajib puasa
h) Melakukan suntikan / injeksi dimana cairan - cairan dari suntikan tersebut bisa mencapai organ di dalam perut
i) Dengan sengaja memuntahkan makanan / minuman yang telah dikonsumsi
j) Dengan sengaja memasukkan suatu benda (bisa berupa makanan atau benda yang lain) melalui kerongkongan atau pun pori - pori.

Puasa sunnah :

1. Hari Arafah ; yaitu tanggal 9 DzulHiiiah
2. 9 (Sembilan) Hari Pertama Dzulhijah
3. Hari Asyura, 10 Muharram
4. Hari Tasu’a, 9 Muharram
5. Tanggal 9, 10, 11 Muharam
6. Tiga hari pada tiap-tiap bulan
7. Hari Senin dan Kamis
8. Puasa Nabi Dawud,
9. Enam hari pada bulan Syawal Sesudah Hari Raya Idul fitri
10. Bulan Muharam
11. Bulan Sya’ban
12. Bulan-Bulan Haram

D) Memahami tata cara merawat jenazah dan Pernah menjadi amil zakat

HAL-HAL YANG DIKERJAKAN SETELAH SESEORANG MENINGGAL DUNIA

a) Disunnahkan untuk menutup seluruh tubuhnya, setelah dilepaskan dari pakaiannya yang semula.
b) Disunnahkan untuk menutup kedua matanya.
c) Disunnahkan untuk menutup seluruh tubuhnya, setelah dilepaskan dari pakaiannya yang semula.
d) Bersegera untuk mengurus jenazahnya.
e) Diperbolehkan untuk menyampaikan kepada orang lain tentang berita kematiannya.
f) Disunnahkan untuk segera menunaikan wasiatnya, karena untuk menyegerakan pahala bagi mayit.
g) Diwajibkan untuk segera dilunasi hutang-hutangnya, baik hutang kepada Allah berupa zakat,haji, nadzar, kaffarah dan lainnya. 
h) Diperbolehkan untuk membuka dan mencium wajah mayit.

MEMANDIKAN MAYIT

a. Hukum memandikan dan mengkafani mayit adalah fardhu kifayah
b. Orang yang paling berhak memandikan seorang mayit, ialah orang yang diberi wasiatuntuk mengerjakan hal ini.
c. Diperbolehkan bagi suami atau isteri untuk memandikan pasangannya.
d. Bagi seorang lelaki atau wanita, boleh memandikan anak yang di bawah umur tujuh tahun, baik laki-laki atau perempuan.
e. Seorang muslim tidak boleh memandikan dan menguburkan seorang kafir.
f. Kaifiyat memandikan jenazah.
g. Tidak diperbolehkanuntuk mendatangi tempat pemandian mayit, kecuali orang yang akan memandikan dan orang yang membantunya.
h. Apabila tidak ada air untuk memandikan mayit, atau dikhawatirkan akan tersayat-sayat tubuhnya jika dimandikan, atau mayat tersebut seorang wanita di tengah-tengah kaumlelaki, sedangkan tidak ada mahramnya atau sebaliknya, maka mayat tersebut ditayammumi dengan tanah (debu) yang baik, diusap wajah dan kedua tangannya dengan penghalang dari kain atau yang lainnya.
i. Disunnahkan untuk mandi bagi orang yang telah selesai memandikan mayit.

Zakat merupakan rukun ketiga dari Rukun Islam.
Zakat terbagi atas dua jenis yakni:
a. Zakat fitrah, Yaitu Zakat yang wajib dikeluarkan muslim menjelang Idul Fitri pada bulan Ramadhan. Besar zakat ini setara dengan 3,5 liter (2,7 kilogram) makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan.
b. Zakat maal (harta)Zakat yang dikeluarkan seorang muslim yang mencakup hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak.

Hak zakat
Ada delapan pihak yang berhak menerima zakat
a. Fakir, Yaitu Mereka yang hampir tidak memiliki apa-apa sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup.
b. Miskin, Yaitu Mereka yang memiliki harta namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasaruntuk hidup.
c. Amil, Yaitu Mereka yang mengumpulkan dan membagikan zakat.
d. Mu'allaf, Yaitu Mereka yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan barunya atau kaum kafir yang merupakan pendukung kaum Muslim.
e. Hamba sahaya, Yaitu Budak yang ingin memerdekakan dirinya
f. Gharimin, Yaitu Mereka yang berhutang untuk kebutuhan yang halal dan tidak sanggup untuk memenuhinya.
g. Fisabilillah, Yaitu Mereka yang berjuang di jalan Allah(misal: dakwah, perang dsb)
h. IbnusSabil, Yaitu Mereka yang kehabisan biaya di perjalanan.

F) Dapat menghafal ayat tematik dari al-quran dan mampu menjelaskannya

Surat Ali Imran Ayat 102 :



Tafsir Tematik Analisa Surat Ali-Imran Ayat 102

Terjemahan : “hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam”

Takwa secara etimologis berarti waspada diri dan takut. Takwa kepada Allah secara terminologis adalah melaksanakan perintah Allah sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi larangan Allah sebagaimana yang dilarang oleh Allah.

Sahabat nabi memahami arti “haqqa tuqatih” sebagaimana sabda nabi, yang diriwayatkan oleh Ibnu Mardawai dari Abdullah Ibn Mas’ud:
Artinya: “Ittaqullah haqqa tuqatihi” ialah hendaknya Dia ditaati tidak dimaksiati, disyukuri tidak diingkari dan diingat tidak dilupakan”.


Semoga Bermanfaat :)

Baca Juga :

SKU Penegak Laksana Poin 2 3 4 dan 5

SKU Penegak Laksana Poin 6 7 8 dan 9

SKU Penegak Laksana Poin 10 11 dan 12

SKU Penegak Laksana Poin 13 14 dan 15

SKU Penegak Laksana Poin 16 17 18 dan 19 

SKU Penegak Laksana Poin 20 21 dan 22

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SKU Penegak Laksana Point 2 3 4 dan 5

Poin 2 Dapat Menerima Kritik Dari Orang Lain, Serta Berani Mengeluarkan Pendapatnya Dengan Tertib, Sopan Dan Santun Kepada Orang – Orang Disekitarnya Kritik merupakan sebuah cara untuk kita menyampaikan ketidak puasan terhadap suatu hal. Baik itu di laksanakan dengan lisan maupun tulisan, agar kritikan itu tidak menyakiti pihak manapun maka harus disampaikan secara sopan dan santun, jangan sampai menyinggung perasaan orang lain apalagi sampai menjatuhkan. Dan kita juga harus bisa memberikan sarannya untuk supaya lebih baik dan hal yang tidak kita inginkan terulang kembali. Poin 3 Dapat Mengikuti  Dan Atau Memimpin Diskusi Ambalan Dan Mampu Mengambil Keputusan Diskusi yauitu sekelompok orang yang disebut “ forum”, yang mana dalam forum tersebut membahas suatu permasalahan untuk mencapai mufakat. Mufakat kita kenal dengan istilah keputusan bersama, suatu permasalahan dapat di katakana syah apabila keputusan dapat diterima ataupun disetujui oleh setengah lebih satu dari anggota diskusi te

SKU Penegak Laksana Poin 6 7 8 dan 9

Poin 6 Setia membayar iuran kepada Gugus depannya, dengan uang yang seluruhnya atau sebagian diperolehnya dari usaha sendiri, serta membantu Ambalan dalam mengelola administrasi keuangan Maksudnya adalah kita senantiasa membayar iuran gugus depan tiap bulanya sesuai hasil keputusan musyawarah di ambalan. kemudian ikut berpartisipasi membantu ambalan dalam mengelola administrasi keuangan. Poin 7 Dapat memimpin rapat dan membuat risalah dengan baik Maksudnya yaitu Kita dapat memimpin sebuah rapat dan dapat membuat risalah dengan baik. Risalah rapat : catatan mengenai apa yg telah dibicarakan dan diputuskan dl suatu rapat Poin 8 Pernah memimpin kegiatan di tingkat Ambalan Bahwa kita pernah menjadi pemimpin di kegiatan di sebuah ambalan sesuai program kerja dewan ambalan Kita pernah menjadi pemimpin di kegiatan di sebuah ambalan sesuai program kerja dewan ambalan Poin 9 Pernah memimpin kerja bakti di masyarakat minimal 2 kali Dapat dan pernah memimpin kerja bakti di masyarakat sesuai yang

Download Materi SKU Laksana Lengkap

Mau Yang mudah Menghafal materi SKU Laksana? Boros Kuota search di google terus? Nih admin bagikan Materi SKU Laksana berupa soft file. Caranya gampang silahkan anda klik download di link bawah Download Soft file [  Google Drive  ] Cara Download : Pertama Klik Link Diatas Selanjutnya tunggu 5 Detik, Kemudian Klik Lewati/Skip ad seperti dibawah Kemudian klik Visit Link seperti tanda gambar berikut  Kemudian Tunggu Tombol sampat berubah menjadi Get Link Seperti pada gambar dibawah Sesudah  : Terakhir Klik Get Link Note : Jika membuka tab baru, close aja