Langsung ke konten utama

SKU Penegak Laksana Poin 20 21 dan 22


Poin 20

Dapat Memahami Dan Menjelaskan Tentang Kesehatan Reproduksi

Kesehatan Reproduksi Remaja

Pengertian kesehatan reproduksi adalah suatu keadaan kesehatan yang sempurna baik secara fisik, mental, dan sosial dan bukan semata-mata terbebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi serta prosesnya.
Sedangkan kesehatan reproduksi menurut WHO adalah suatu keadaan fisik, mental dan sosial yang utuh, bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi serta prosesnya.
Definisi kesehatan reproduksi menurut hasil ICPD 1994 di Kairo adalah keadaan sempurna fisik, mental dan kesejahteraan sosial dan tidak semata-mata ketiadaan penyakit atau kelemahan, dalam segala hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi dan fungsi dan proses.
Pengertian kesehatan reproduksi ini mencakup tentang hal-hal sebagai berikut: 1) Hak seseorang untuk dapat memperoleh kehidupan seksual yang aman dan memuaskan serta mempunyai kapasitas untuk bereproduksi; 2) Kebebasan untuk memutuskan bilamana atau seberapa banyak melakukannya; 3) Hak dari laki-laki dan perempuan untuk memperoleh informasi serta memperoleh aksebilitas yang aman, efektif, terjangkau baik secara ekonomi maupun kultural; 4) Hak untuk mendapatkan tingkat pelayanan kesehatan yang memadai sehingga perempuan mempunyai kesempatan untuk menjalani proses kehamilan secara aman.

Kesehatan Reproduksi Remaja

1. Secara garis besar dapat dikelompokkan empat golongan faktor yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan repoduksi yaitu :

2. Faktor sosial-ekonomi dan demografi (terutama kemiskinan, tingkat pendidikan yang rendah, dan ketidaktahuan tentang perkembangan seksual dan proses reproduksi, serta lokasi tempat tinggal yang terpencil).

3. Faktor budaya dan lingkungan (misalnya, praktek tradisional yang berdampak buruk pada kesehatan reproduksi, kepercayaan banyak anak banyak rejeki, informasi tentang fungsi reproduksi yang membingungkan anak dan remaja karena saling berlawanan satu dengan yang lain, dsb).

4. Faktor psikologis (dampak pada keretakan orang tua pada remaja, depresi karena ketidakseimbangan hormonal, rasa tidak berharga wanita pada pria yang membeli kebebasannya secara materi, dsb).

5. Faktor biologis (cacat sejak lahir, cacat pada saluran reproduksi pasca penyakit menular seksual, dsb).
Demikian sekilas tentang kesehatan reproduksi remaja, mudah-mudahan menambah pengetahuan kita.


Poin 21

Dapat Mempersiapkan Dan Melaksanakan Upacara Umum Minimal 3 Kali

Upacara umum yaitu suatu kegiatan yang dilakukan banyak orang di instansi perkantoran, pemerintah untuk mempringati sesuatu atau karena di adakan upacara sesuatu.
Contoh upacara umum yaitu upacara hari ulang tahun kemerdekaan, upacara hari pahlawan, upacara pelentikan, dan lain – lain.


Poin 22

Dapat Menyebutkan Penyebab Dan Cara Pencegahan Penyakit Infeksi, Degeneratif Dan Penyakit Yang Disebaban Prilaku Tidak Sehat

Penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan karena masuknya bibit penyakit. Penyakit ini menular dari satu orang ke orang lain. Orang yang sehat harus dihindarkan dari orang-orang yang menderita penyakit dari golongan ini.
Penyebab utama infeksi diantaranya adalah bakteri dan jasad hidup (organism). Kuman-kuman ini menyebar dengan berbagai cara dan vector

Contoh-contoh penyakit infeksi :

- TBC : ditularkan memalui udara
- Tetanus : melalui luka yang kotor
- Mencret : lalat, air dan jari yang kotor
- Pneumonia : lewat batuk (udara)
- Gonorrhea dan sifilis : hubungan kelamin
- Sakit telinga : dengan selesma (masuk angin dan pilek)

Penyakit degeneratif adalah istilah medis untuk menjelaskan suatu penyakit yang muncul akibat proses kemunduran fungsi sel tubuh yaitu dari keadaan normal menjadi lebih buruk. Sedikitnya ada 50 yang termasuk penyakit degenerative diantaranya adalah diabetes melitus, stroke, jantung koroner, kardiovaskular, obesitas, dislipidemia, hipertensi, penyakit jantung, asam urat  dan sebagainya. Penyakit degenerative terjadi karena adanya proses penuaan, biasanya terjadi saat usia bertambah tua. Tetapi saat ini penyakit degenerative dapat terjadi pada orang yang umurnya lebih muda. Terutama di Indonesia, penyakit degeneratif saat ini banyak terjadi di kalangan muda dan di perkotaan. Penyebab utamanya adalah perubahan gaya hidup akibat urbanisasi dan modernisasi. Perubahan gaya hidup ini dapat dilihat secara jelas antara lain dengan munculnya tempat-tempat makan junk food di hampir seluruh sudut kota. Junk food adalah makanan tidak sehat karena memiliki nilai nutrisi rendah. Jenis makanan ini mengandung lemak jenuh (saturated fat), garam dan gula, serta bermacam-macam additive seperti monosodium glutamatedan tartrazine dengan kadar yang tinggi. Junk food hampir tidak mengandung protein, vitamin serta serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Masih menurut WHO, hingga akhir tahun 2005 saja penyakit degeneratif telah menyebabkan kematian hampir 17 juta orang di seluruh dunia. Jumlah ini menempatkan penyakit degeneratif menjadi penyakit pembunuh manusia terbesar.

Beberapa contoh penyakit yang disebabkan karena degenaratif :

- Menghirup Udara Polusi
- Merokok
- Mengkonsumsi Makanan Berlemak
- Kurang Bergerak
- Minum Alkohol
- Stress Berlebihan


Baca Juga :

SKU Penegak Laksana Poin 1

SKU Penegak Laksana Poin 2 3 4 dan 5

SKU Penegak Laksana Poin 6 7 8 dan 9

SKU Penegak Laksana Poin 10 11 dan 12

SKU Penegak Laksana Poin 13 14 dan 15

SKU Penegak Laksana Poin 16 17 18 dan 19 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SKU Penegak Laksana Point 2 3 4 dan 5

Poin 2 Dapat Menerima Kritik Dari Orang Lain, Serta Berani Mengeluarkan Pendapatnya Dengan Tertib, Sopan Dan Santun Kepada Orang – Orang Disekitarnya Kritik merupakan sebuah cara untuk kita menyampaikan ketidak puasan terhadap suatu hal. Baik itu di laksanakan dengan lisan maupun tulisan, agar kritikan itu tidak menyakiti pihak manapun maka harus disampaikan secara sopan dan santun, jangan sampai menyinggung perasaan orang lain apalagi sampai menjatuhkan. Dan kita juga harus bisa memberikan sarannya untuk supaya lebih baik dan hal yang tidak kita inginkan terulang kembali. Poin 3 Dapat Mengikuti  Dan Atau Memimpin Diskusi Ambalan Dan Mampu Mengambil Keputusan Diskusi yauitu sekelompok orang yang disebut “ forum”, yang mana dalam forum tersebut membahas suatu permasalahan untuk mencapai mufakat. Mufakat kita kenal dengan istilah keputusan bersama, suatu permasalahan dapat di katakana syah apabila keputusan dapat diterima ataupun disetujui oleh setengah lebih satu dari anggota diskusi te

SKU Penegak Laksana Poin 6 7 8 dan 9

Poin 6 Setia membayar iuran kepada Gugus depannya, dengan uang yang seluruhnya atau sebagian diperolehnya dari usaha sendiri, serta membantu Ambalan dalam mengelola administrasi keuangan Maksudnya adalah kita senantiasa membayar iuran gugus depan tiap bulanya sesuai hasil keputusan musyawarah di ambalan. kemudian ikut berpartisipasi membantu ambalan dalam mengelola administrasi keuangan. Poin 7 Dapat memimpin rapat dan membuat risalah dengan baik Maksudnya yaitu Kita dapat memimpin sebuah rapat dan dapat membuat risalah dengan baik. Risalah rapat : catatan mengenai apa yg telah dibicarakan dan diputuskan dl suatu rapat Poin 8 Pernah memimpin kegiatan di tingkat Ambalan Bahwa kita pernah menjadi pemimpin di kegiatan di sebuah ambalan sesuai program kerja dewan ambalan Kita pernah menjadi pemimpin di kegiatan di sebuah ambalan sesuai program kerja dewan ambalan Poin 9 Pernah memimpin kerja bakti di masyarakat minimal 2 kali Dapat dan pernah memimpin kerja bakti di masyarakat sesuai yang

Download Materi SKU Laksana Lengkap

Mau Yang mudah Menghafal materi SKU Laksana? Boros Kuota search di google terus? Nih admin bagikan Materi SKU Laksana berupa soft file. Caranya gampang silahkan anda klik download di link bawah Download Soft file [  Google Drive  ] Cara Download : Pertama Klik Link Diatas Selanjutnya tunggu 5 Detik, Kemudian Klik Lewati/Skip ad seperti dibawah Kemudian klik Visit Link seperti tanda gambar berikut  Kemudian Tunggu Tombol sampat berubah menjadi Get Link Seperti pada gambar dibawah Sesudah  : Terakhir Klik Get Link Note : Jika membuka tab baru, close aja