Langsung ke konten utama

SKU Penegak Laksana Poin 16 17 18 dan 19



Poin 16

Telah Memiliki Keterampilan Kewirausahaan Yang Dapat Menghasilkan Uang

Pengertian Kewirausahaan berasal dari kata enterpteneur yang berarti orang yang membeli barang dengan harga pasti meskipun orang itu belum mengetahui berapa harga barang yang akan dijual. Wirausaha sering juga disebut wiraswasta yang artinya sifat-sifat keberanian, keutamaan, keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri. Meski demikian wirausaha dan wiraswasta sebenarnya memiliki arti yang berbeda . Wiraswasta tidak memiliki visi pengembangan usaha sedangkan wirausaha mampu terus berkembang dan mencoba usaha lainnya.
Istilah lainnya yang semakna dengan wirausaha adalah wiraswasta. Istilah wiraswasta lebih sering dipakai dan lebih dikenal daripada wirausaha. Padahal, keduanya bermakna sama dan merupakan padanan dari kata entrepreneur. Kata wiraswasta berasal dari gabungan wira-swa-sta dalam bahasa sansekerta. Wira berarti utama, gagah, luhur, berani, teladan, atau pejuang; swa berarti sendiri atau mandiri; sta berarti berdiri; swasta berarti berdiri ditas kaki sendiri atau dengan kata lain berdiri di atas kemampuan sendiri.
Sedangkan wirausahawan mengandung arti secara harfah, wira berarti berani dan usaha berarti daya upaya atau dengan kata lain wirausaha adalah kemampuan atau keberanian yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat dan mengambil keuntungan dalam rangka meraih kesuksesan.
Berdasarkan makna-makna tersebut, kata wiraswasta atau wirausaha berarti pejuang yang gagah, luhur, berani dan pantas menjadi teladan di bidang usaha. Dengan kalimat lain, wirausaha adalah orang-orang yang mempunyai sifat-sifat kewiraswastaan atau kewira-usahaan. Ia bersikap berani unuk mengambil resiko. Ia juga memiliki leutamaan, kreatifitas, dan teladan dalam menangani usaha atau perusahaan. Keberaniannya berpijak pada kemampuan sendiri atau kemandiriannya.


Poin 17

Dapat Membuat Salah Satu Jenis Peralatan Teknologi Tepat Guna

Alat Penutup Botol Ulir (Bkd)

- Fungsi
a. Untuk menutup botol cara ulir.

- Cara Kerja
a. Botol penutup disiapkan pada tempatnya.
b. Atur kedudukan/ketinggian botol dengan cara menekan pedal kaki dampai botol naik ke penutupnya.
c. Putar engkol penutup searah jarum jam sampai tutup botol rapat menutup.
d. Turunkan botol untuk melepaskan dari penutupnya.

- Spesifikasi
a. Dimensi alat : P = 56 cm; L = 46 cm; T = 153 cm;
b. Berat : ---
c. Tenaga penggerak : Manual
d. Kapasitas kerja : 100 botol/jam
e. Operator : 1 orang
f. Bahan : Roda gigi, besi siku, alumunium.


Poin 18

Secara Berkelompok Dapat Membuat Struktur Dari Keterampilan Tali Temali Dan Pionering, Yang Dapat Digunakan Masyarakat

Macam Ikatan tali temali/pionering dan Kegunaannya :

a. Ikatan pangkal
Gunanya untuk mengikatkan tali pada kayu atau tiang, akan tetapi ikatan pangkal ini dapat juga digunakan untuk memulai suatu ikatan.

b. Ikatan tiang
Gunanya untuk mengikat sesuatu sehingga yang diikat  masih dapat bergerak leluasa misalnya untuk mengikat l eher binatang supaya tidak tercekik.

c. Ikatan jangkar
Gunanya untuk mengikat jangkar atau benda lainnya yang berbentuk ring.

d. Ikatan tambat
untuk menambatkan tali pada sesuatu tiang/kayu dengan erat, akan tetapi mudah untuk melepaskannya kembali. Ikatan tambat ini juga dipergunakan untukmenyeret balik dan bahkan ada juga dipergunakan untuk memulai suatu ikatan.

e. Ikatan tarik
Gunanya untuk menambatkan tali pengikat binatang pada suatu tiang, kemudian mudah untuk membukanya kembali. Dapat juga untuk turun ke jurang atau pohon.

f. Ikatan turki
Gunanya untuk mengikat sapu lidi setangan leher


Poin 19

Selalu Berolahraga, Dapat Melakukan Olahraga Renang Selain Gaya Bebas  Dan Menguasai 1 ( Satu ) Cabang Olahraga Lainnya

a. Sepak Bola

Kalau kita simak permainan sepak bola, belum jelas dari mana dan siapa pencipta permainan sepak bola tersebut. Sampai sekarang belum ada literatur yang dapat membuktikan secara autentik. Para ahli sejarah pun sampai abad sekarang ini belum dapat menunjukkan dari mana asal mula dan siapa pencipta permainan sepak bola.
Dari peninggalan-peninggalan sejarah kita mengenal beberapa sebutan sepak bola. Pada zaman Cina kuno semasa pemerintahan Dinasti Han, bola kaki dikenal dengan istilah tanchu. Di Italia pada zaman Romawi dikenal sebagai haspartun, di Perancis yang selanjutnya menyebar ke Normandia dan Britania (Inggris), dikenal dengan choule. Di Yunani Kuno dikenal istilah epishyros dan di Jepang dikenal istilah kemari untuk istilah bola kaki.
Pada tanggal 26 Oktober 1863 didirikan sebuah badan yang disebut English Football Association. Kemudian tanggal 8 Desember 1863 lahirlah peraturan permainan sepak bola modern yang disusun oleh badan tersebut yang dalam perkembangannya mengalami perubahan. Atas inisiatif Guerin (Perancis), pada tanggal 21 Mei 1904 berdirilah federasi sepak bola internasional dengan nama Federation International de Football Association (FIFA). Atas inisiatif Jules Rimet pada tahun 1930 diselenggarakan kejuaraan dunia pertama di Montevideo, Uruguay. Karena jasanya tersebut maka mulai tahun 1946 piala dunia tersebut dinamakan Jules Rimet Cup. Kejuaraan tersebut diadakan 4 tahun sekali dan mulai tahun 1970 piala tersebut menjadi milik Brasil, sebab negara ini telah berhasil memenangkan piala tersebut sebanyak tiga kali.Di Indonesia sendiri, tanggal 19 April 1930 dibentuk Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta dengan dukungan seluruh bond-bond. Pengurus PSSI pertama kali diketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo
Untuk menghargai jasa-jasa Ir. Soeratin Sosrosoegondo dalam upaya membina dan mempertahankan berdirinya PSSI, maka mulai tahun 1966 diadakan kejuaraan sepak bola tingkat taruna remaja dengan nama Piala Soeratin (Soeratin Cup).

b. Renang

Renang ialah aktivitas bergerak di dalam air dengan tanpa menggunakan alat buatan.
- Renang Gaya Dada ( Gaya Katak )
Gaya ini dlakukan dengan posisi dada menghadap kepermukaan air, namun berbeda dengan gaya bebas. Batang tubuh selalu dalam keadaan tetap, kedua kaki menendang kea rah luar sementara kedua tangan diluruskan ke depan. Kedua belah tangan di buka kesamping seperti gerakan membelah air agar badan lebih cepat maju kedepan.
Gerakan tubuh meniru gerakan katak sehingga gaya ini sering di sebut gaya katak.
Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan dan kaki, atau dua kali gerakan tangan dan kaki.


Semoga Bermanfaat :)

Baca Juga :

SKU Penegak Laksana Poin 20 21 dan 22

SKU Penegak Laksana Poin 1

SKU Penegak Laksana Poin 2 3 4 dan 5

SKU Penegak Laksana Poin 6 7 8 dan 9

SKU Penegak Laksana Poin 10 11 dan 12

SKU Penegak Laksana Poin 13 14 dan 15

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SKU Penegak Laksana Point 2 3 4 dan 5

Poin 2 Dapat Menerima Kritik Dari Orang Lain, Serta Berani Mengeluarkan Pendapatnya Dengan Tertib, Sopan Dan Santun Kepada Orang – Orang Disekitarnya Kritik merupakan sebuah cara untuk kita menyampaikan ketidak puasan terhadap suatu hal. Baik itu di laksanakan dengan lisan maupun tulisan, agar kritikan itu tidak menyakiti pihak manapun maka harus disampaikan secara sopan dan santun, jangan sampai menyinggung perasaan orang lain apalagi sampai menjatuhkan. Dan kita juga harus bisa memberikan sarannya untuk supaya lebih baik dan hal yang tidak kita inginkan terulang kembali. Poin 3 Dapat Mengikuti  Dan Atau Memimpin Diskusi Ambalan Dan Mampu Mengambil Keputusan Diskusi yauitu sekelompok orang yang disebut “ forum”, yang mana dalam forum tersebut membahas suatu permasalahan untuk mencapai mufakat. Mufakat kita kenal dengan istilah keputusan bersama, suatu permasalahan dapat di katakana syah apabila keputusan dapat diterima ataupun disetujui oleh setengah lebih satu dari anggota diskusi te

SKU Penegak Laksana Poin 6 7 8 dan 9

Poin 6 Setia membayar iuran kepada Gugus depannya, dengan uang yang seluruhnya atau sebagian diperolehnya dari usaha sendiri, serta membantu Ambalan dalam mengelola administrasi keuangan Maksudnya adalah kita senantiasa membayar iuran gugus depan tiap bulanya sesuai hasil keputusan musyawarah di ambalan. kemudian ikut berpartisipasi membantu ambalan dalam mengelola administrasi keuangan. Poin 7 Dapat memimpin rapat dan membuat risalah dengan baik Maksudnya yaitu Kita dapat memimpin sebuah rapat dan dapat membuat risalah dengan baik. Risalah rapat : catatan mengenai apa yg telah dibicarakan dan diputuskan dl suatu rapat Poin 8 Pernah memimpin kegiatan di tingkat Ambalan Bahwa kita pernah menjadi pemimpin di kegiatan di sebuah ambalan sesuai program kerja dewan ambalan Kita pernah menjadi pemimpin di kegiatan di sebuah ambalan sesuai program kerja dewan ambalan Poin 9 Pernah memimpin kerja bakti di masyarakat minimal 2 kali Dapat dan pernah memimpin kerja bakti di masyarakat sesuai yang

Download Materi SKU Laksana Lengkap

Mau Yang mudah Menghafal materi SKU Laksana? Boros Kuota search di google terus? Nih admin bagikan Materi SKU Laksana berupa soft file. Caranya gampang silahkan anda klik download di link bawah Download Soft file [  Google Drive  ] Cara Download : Pertama Klik Link Diatas Selanjutnya tunggu 5 Detik, Kemudian Klik Lewati/Skip ad seperti dibawah Kemudian klik Visit Link seperti tanda gambar berikut  Kemudian Tunggu Tombol sampat berubah menjadi Get Link Seperti pada gambar dibawah Sesudah  : Terakhir Klik Get Link Note : Jika membuka tab baru, close aja